TEORI ORGANISASI UMUM
Definisi Organisasi
Organisasi adalah sekelompok orang yang memiliki satu tujuan
yang sama, saling menggerakkan dan memiliki sarana untuk mencapai tujuan tersebut
dengan adanya suatu koordinasi.
Menurut James L.Gibson, John M.Ivencevich, James
H.Donnely Jr mengatakan :
Organisasi adalah kesatuan yang
memungkinkan anggota mencapai tujuan yang tidak dapat dicapai melalui tindakan
secara terpisah.
Asas-asas Organisasi
Untuk
menyusun suatu organisasi yang baik perlu diperhatikan asas-asas sebagai
berikut :
Asas ke-1 :
Organisasi harus
mempunyai tujuan yang jelas.
Dengan demikian
dapat dimengerti dan diterima oleh semua orang yang terlibat dalam organisasi.
Asas ke-2 :
Organisasi harus
ada kesatuan komando
Dengan adanya
kesatuan komando akan mengarah kepada kesatuan arah (unity of direction).
Asas ke-3 :
Organisasi harus
melaksanakan pembagian kerja atau pembagian tugas.
Dengan adanya
pembagian tugas para anggota akan mengerti tugas dan kewajibannya
masing-masing, termasuk hak, wewenang dan tanggung jawabanya.
Ciri-ciri Organisasi
Ada 3 (tiga) ciri organisasi yang perlu
diperhatikan, yaitu:
- Adanya sekelompok orang
- Antarhubungan
- Kerja sama yang didasarkan atas hak, kewajiban dan tanggung jawaban masing-masing orang untuk mencapai tujuan
Sifat Organisasi
Organisasi mempunyai dua sifat yang mendasar yang
harus diartikan sebagai suatu keutuhan:
- Sifat statis (Sebagai wadah dalam menyatukan dan mengelompokkan orang-orang, organisasi tersebut bersifat statis)
- Sifat dinamisOrganisasi sebagai proses menggambarkan adanya hubungan di antara orang-orang, adanya pembagian tugas, adanya wewenang dan tanggung jawab, organisasi tersebut bersifat dinamis.
(Sumber : Teori Organisasi Dan Teknik Pengorganisasian,
Drs.Dydiet Hardjito.Msc.)
Menurut Dalton E.McFarland (1958) :
Organisasi adalah suatu kelompok orang
yang dapat disamakan dengan menyumbangkan usaha mereka bagi tercapainya
tujuan-tujuan.
(Sumber : Dasar-dasar Organisasi, Sutarto, Gadjah
Mada University Press)
Definisi Organisasi Perusahaan (Kast & Rosenzweig) :
- Suatu subsistem dari lingkungannya yang lebih luas
- Terdiri dari orang-orang yang berorientasi pada tujuan.
- Suatu subsistem teknik, yaitu orang-orang yang menggunakan pengetahuan, teknik, peralatan & fasilitas.
- Suatu subsistem struktural, yaitu orang-orang yang bekerja bersama dalam berbagai kegiatan yang terpadu.
- Suatu subsistem psikososial, yaitu orang-orang yang terlibat dalam hubungan social
- Suatu subsistem manajerial yang merencanakan & mengendalikan semua usaha.
Organisasi Perusahaan adalah: Adanya
orang-orang yang usahanya harus dikoordinasikan; tersusun dari jumlah subsistem
yang saling berhubungan dan saling tergantung; bekerja bersama atas dasar
pembagian kerja, peran dan wewenang; serta memiliki tujuan tertentu yang hendak
dicapai.
(Sumber :http://dukhonajjib.blogspot.com/2013/05/organisasi-perusahaan.html)
(Sumber :http://dukhonajjib.blogspot.com/2013/05/organisasi-perusahaan.html)
Kenapa
kita harus mempelajari berorganisasi ?
Karena dengan
kita mempelajari organisasi kita dapat mengambil sebuah keputusan dengan mudah.
Bukan hanya mempelajari aja tetapi apabila kita bisa mengikuti organisasi kita
dapat memperoleh suatu wawasan atau ilmu
pengetahuan yang lebih, pengalaman yang banyak dan juga dapat saling bersosialisasi
dengan anggota-anggota yang lain.
Pengalaman
berorganisasi?
Pada saat
SMA saya pernah mengikuti organisasi ROHIS yang menjabat sebagai bendahara.
Sebagai bendahara saya bertugas mengatur keuangan rohis baik untuk pengeluaran
maupun pemasukan serta bertugas juga membeli perlengkapan yang dibutuhkan
didalam rohis seperti al-qur’an, peralatan bersih-bersih dan yang lain-lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar