CIRI-CIRI DAN MACAM-MACAM PASAR
PENGERTIAN
MACAM-MACAM PASAR :
1.Pasar
persaingan sempurna (perfect competition) adalah sebuah jenis pasar dengan
jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat
homogen.
2.Pasar monopoli (dari bahasa
Yunani: monos, satu + polein, menjual) adalah suatu bentuk pasar di mana hanya
terdapat satu penjual yang menguasai pasar sehingga tidak ada pihak lain yang
menyainginya .
3.Pasar persaingan monopolistis
pada dasarnya adalah pasar yang berada di antara dua jenis pasar yang ekstrem,
yaitu persaingan sempurna dan monopoli.
4.Pasar oligopoli adalah adalah
pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan.
CIRI-CIRI
|
PERSAINGAN SEMPURNA
|
MONO
POLISTIK
|
OLIGOPOLI
|
MONOPOLI
|
1. 1.Jumlah Penjual (Produsen)
|
Sangat
Banyak
|
Selalu ada
sejumlah besar penjual dan pembeli di pasaran.
|
Hanya ada beberapa
perusahaan saja yang memproduksi barang-barang manufaktur untuk keperluan
masyarakat.
|
Hanya ada satu
penjual barang atau jasa.
|
2. 2.Jenis Barang
|
Homogenous
product
|
Mirip dengan pasar
persaingan sempurna
|
Barang yang dijual
homogen atau beda corak
|
Harga dan jumlah
kuantitas produk yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan monopoli
|
3. 3.Kemampuan Menetapkan harga
|
Tidak
ada
|
Produsen dapat
mempengaruhi harga. Penjual/produsen harus aktif beriklan
|
Sulit dimasuki
perusahaan baru.
|
Produsen memiliki
kekuatan menetukan harga
|
4. 4.Bentuk Kurva Permintaan
|
Elastis
sempurna
|
Permintaan menjadi sangat bertambah
elastis, maka besar kemungkinan biaya produksi per unit akan menjadi
lebih rendah.
|
Elastisitas
silang atau cross elasticity of demand yang relatif tinnggi.
|
Kurva permintaan bagi
komoditas yang dihasilkan oleh perusahaan monopoli, menurun dari kiri atas ke
kanan bawah.
|
5. 5.Hambatan Memasuki Pasar
|
Sangat
mudah
|
Kemasukan kedalam Industri
Relatif Mudah.
|
Permintaan dalam
pasar bertambah, perusahaan yang sudah ada dalam industri akan mempunyai
kesempatan yang lebih baik untuk memenuhi permintaan tersebut, karena mereka
dapat menambah jumlah produksi pada waktu yang sama mengurangi biaya produksi
per unit.
|
Ada beberapa
bentuk hambatan kemasukan ke pasar monopoli. Ada yang bersifat legal, yaitu
dibatasi oleh undang-undang, ada yang bersifat teknologi, yaitu teknologi
yang digunakan sangat canggih dan tidak mudah dicontoh. Dan ada pula yang
bersifat keuangan, yaitu modal yang diperlukan sangat lah besar.
|
6. 6.Keseimbangan Jangka Pendek
|
Paling tidak VC = TR atau AVC = FC (hanya menanggung kerugian biaya
tetap).
MR = MC supaya labanya maksimum atau kerugianya minimum (minimum loss).
|
Keuntungan
maksimum tercapai bila MR = MC. Laba diatas normal.
|
Ekuilibrium
pasar tercapai bila volume output yang ditawarkan seluruh produsen di pasar
sama dengan volume output yang dibutuhkan oleh seluruh konsumen.
|
Harus
menyamakan MR dengan MC agar mencapai laba maksimum.
|
7. 7.Keseimbangan Jangka Panjang
|
Bila SMC = LMC. Tidak mengalami kerugian bila
SAC=P. Perusahaan sudah tidak dapat menambah laba
lagi karena perusahaan telah bekerja pada LAC minimum.
|
Bila
LMC = SMC = MR. Dalam jangka panjang perusahaan dalam pasar persaingan monopolistik
hanya memperoleh laba normal. Merugi jika penerimaan marjinal lebih kecil
dari biaya marjinal (MR<MC).
|
Menyebabkan
efek yang merugikan seperti P > MC dan karenanya terdapat inefiensi
alokasi sumber daya ekonomi ke perusahaan. Tidak berproduksi pada titik
terendah kurva LAC-nya dan ketika memproduksi produk yang terdiferensiasi,
terlalu banyak biaya yang dibuang untuk iklan dan perubahan model.
|
Hanya
memperoleh keuntungan normal, dimana harga produk sama dengan biaya total
rata-rata maksimum. Perusahaan monopoli hanya akan kehilangan laba
supernormal jangka panjang, bila tidak mampu mempertahankan daya monopolinya.
|
8. 8.Interdepedensi
Pengambilan Keputusan
|
Tidak
ada
|
Menghasilkan
peraturan dalam pengambilan keputusan yg berbeda-beda
|
Pengambilan
Keputusan yang Saling Mempengaruhi (Interdependence Decisions) Keputusan
perusahaan dalam menentukan harga dan jumlah output akan mempengaruhi
perusahaan lainnya.
|
Pengambilan
keputusan tunggal.
|
9.
9.Contoh Barang
|
Jasa
fotokopi, beras, hasil pertanian.
|
Shampo,
pasta gigi, rokok.
|
Semen,Mobil,
dan Kertas.
|
Telepon,
gas, air dan listrik
|
DAFTAR
PUSTAKA :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar